ads

Sabtu, 28 Februari 2015

Manfaat Rebung

 Segudang Manfaat Sehat Rebung 

Segudang Manfaat Sehat Rebung

Di Indonesia, rebung atau tunas muda dari rumpun bambu memang belum sepopuler di Cina sebagai bahan makanan. Padahal, rebung bisa diolah menjadai beragam santapan kuliner yang lezat dan kaya gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tunas bambu muda yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan adalah yang baru berusia kurang dari dua bulan. Lebih dari itu, tunas sudah mengeras dan menjadi bambu. Rebung biasanya muncul di lapisan bawah dari rumpun bambu dan berupa kerucut yang berlapis-lapis.

Menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre, dalam satu cangkir irisan rebung hanya mengandung 14 kalori dan sepertiga lemak. Dalam porsi yang sama justru mengandung 1,2 gram serat. Setara dengan setengah porsi nasi merah. Serat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelancar pencernaan dan bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih.

Menurut Amelinda, rebung juga diperkaya oleh kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, seng, kromium dan zat besi. Dalam satu cangkir irisan rebung mengandung 640 mg kalium. ”1,5 kali lebih banyak dari yang terkandung dalam pisang dan setara dengan 14 persen kebutuhan kalium Anda,” katanya. Kalium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan otot, menjaga tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. ”Karena itu kekungan kalium bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot.”

Rebung mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E. Makanan ini juga mengandung 17 asam amino protein. :Karena itu rebung bersifat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas.




Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengkonsumsi rebung adalah sebagai berikut :
Menurunkan berat badan
Rebung bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.
Menurunkan kolesterol
Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Mengatasi masalah pernapasan
Rebung mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat.
Menyehatkan pencernaan
Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan.
Melawan kanker
Rebung mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker.
Menurunkan tekanan darah
Tingginya kandungan kalium di dalamnya, membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan.
Melancarkan siklus menstruasi
Apabila siklus menstruasi anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.
Menyembukan bisul dan luka
Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka.
Memperlancar proses kelahiran
Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.

Cara Memasak
Kupas rebung yang baru dipotong dari akarnya. Trebus selama 20 menit untuk menghilangkan rasa pahit. Menurut penelitian di Cina, untuk tidak menghilangkan kandungan gizi yang terdapat dalam rebung, maka memasak rebung yang baik adalah dengan menumisnya.
Semoga bermanfaat...

0 komentar

Posting Komentar