ads

Sabtu, 07 Maret 2015

Bolu Kukus Mekar Sehat (Tanpa Emulsifier, Tanpa Baking Powder, Tanpa Air Soda)

Bolu Kukus Mekar Sehat (Tanpa Emulsifier, Tanpa Baking Powder, Tanpa Air Soda)


Baru sekali bikin bolu kukus gula merah dan jadinya ngembang cantik (bisa diintip disini), aku langsung ketagihan pengen nyoba lagi.
Kali ini bener-bener modal nekad!! resepnya karangan sendiri dan seperti judulnya: tanpa emulsifier (sp/tbm), tanpa baking powder dan tanpa air soda!
Karena setelah berselancar di milis, ternyata syarat utama bolkus bisa mengkrok bukan di hal-hal tersebut, tapi yang mutlak adalah pengocokan yang luamaaa (hmm... mesti jarang bikin nih kalo mau mixer nya berumur panjang, hehehe)
Sebagai pengganti emulsifier, aku tambahin penggunaan kuning telur karena ternyata kuning telur ini adalah pengemulsi alami..

Ibu juga bilang kalo bolkus itu kudu pake air soda, tapi setelah tau bolkus gula merah bisa ngembang tanpa air soda jadinya aku rada berani dikiiiit buat ngarang sendiri resepnya tanpa tambahan macam-macam.
Alasan lainnya sih karena jajanan ini adalah kesukaan Farros, jadi sebisa mungkin aku meminimalisasi penggunaan zat-zat addictive, pikiranku siihh kalo yang homemade aja pake begituan terus apa bedanya sama jajanan beli?!? -halah! tumben sok sehat, hehehe-

Okelah, cekidot ajaa...

Bolu Kukus Mekar Sehat (Tanpa Emulsifier, Tanpa Baking Powder, Tanpa Air Soda)
Serving: 13 cups


Bahan:
2 butir telur utuh
1 butir kuning telur
250 gr gula pasir
250 gr terigu
125 ml susu cair campur dengan 1 sdt vanila ekstrak
1 sdt pasta pandan -optional-

How to:
Kocok telur dan gula hingga mengental, berjejak dan terasa berat (aku pake handmixer selama 20 menitan dengan speed tertinggi)


Turunkan mixer ke speed terendah, tambahkan secara bergantian terigu dan susu cair (pertama-tama aku kocok telurnya di wadah gelas gede, sewaktu adonan sudah mulai naik baru dipindahkan ke kom dan aku kocok lagi hingga benar-benar kental)


- Bagi 2 adonan, beri 1 adonan dengan pasta pandan, aduk rata. Sisanya biarkan putih (boleh juga ditambahkan pasta yang lain)


- Tuang secara berseling 2 adonan tersebut ke dalam cup bolu kukus (yang bolong-bolong itu) yang sudah dialas kertas roti. Tuang hingga penuh


- Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak dan dengan api yang besar selama 25-30 menit. Lapisi tutup pengukusan dengan serbet agar air uap tidak menetes pada bolkus. Jangan buka-buka tutup kukusan hingga bolkus matang.

0 komentar

Posting Komentar