penyebab sakit pinggang sebelah kanan Disebutkan bahwa mayoritas orang dewasa baik pria maupun wanita pernah merasakan yang namanya sakit pinggang sebelah kanan maupun bagian belakang. Seiring dengan banyaknya orang yang pernah mengalami keluhan yang sama, maka banyak pula beredar berbagai mitos maupun tawaran-tawaran pengobatan tradisional dan alternatif untuk mengatasi keluhan sakit ini.

Berbeda dengan sakit pinggang saat hamil pada sebagian ibu-ibu. Keluhan nyeri pada pinggang belakang banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor dimana hal ini juga masih menjadi perdebatan. juga berbeda dengan wabah sakit perut yang sering menjangkiti negara-negara berkembang, di negara maju juga banyak yang mengalami keluhan pinggang ini, yang disebut dengan ‘Low Back Pain' LBP atau ada pula yang menyebut dengan 'Lumbago’.
ilustrasi : flickr

Penyebab sakit pinggang (Lumbago)

Jika mendengarkan mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang sakit pinggang atau punggung bagian bawah ini sangat beragam sekali dan bahkan kadang sulit dibuktikan secara ilmiah. Contohnya, dikatakan terlalu banyak berhubungan suami istri bagi pasutri.

Disebutkan bahwa sakit pinggang atau nyeri pada bagian punggung bawah ini sebagai sebuah fenomena masyarakat modern yang menjalani hidup terlalu ‘manja’ dan memiliki ketergantungan terhadap berbagai alat atau piranti tertentu. Contohnya seperti, duduk dalam waktu lama dengan posisi yang tidak berubah ketika menonton TV/Televisi karena memindah channel dapat dilakukan dengan menggunakan remote control.

Pertanyaannya, Apakah penyebab sebenarnya dari keluhan sakit pinggang atau nyeri punggung bagian bawah ini ?

Publikasi yang dirilis oleh Avogel.co.uk menyebutkan bahwa sakit pinggang sulit di tentukan penyebabnya meskipun setelah dilakukan tes medis sekalipun. Namun secara umum, terbagi kedalam dua faktor, antara lain :

  • Penyebab Mekanis
    Mekanis maksudnya adalah sakit pinggang atau punggung bagian bawah yang disebabkan oleh aktivitas atau gerak tubuh yang tidak semestinya sehingga menimbulkan ketegangan pada bagian otot, permasalahan ligamen dan nyeri sendi.

    Nyeri otot semacam itu bisa saja disebabkan oleh gerakan-gerakan ekstrem yang tanpa didahului dengan aktivitas peregangan (stretching) terlebih dahulu. Juga aktivitas fisik berlebihan diluar batas kemampuan atau tanpa didahului dengan sebuah latihan awalan juga dapat menyebabkan keluhan nyeri pinggan bagian belakang.

    Tidak hanya itu, orang-orang dengan keluhan susah tidur, kurang tidur dengan waktu hanya dibawah/kurang dari 5 jam dalam kurun berhari-hari ataupun tidur dengan waktu cukup namun kurang berkualitas juga dapat menyebabkan permasalahan sendi dan pinggang.

    baca : Cara mengatasi susah tidur

    Posisi tidur yang kurang baik seperti tengkurap atau bahkan menghadap ke atas disebut sebagai posisi yang kurang menguntungkan untuk tulang belakang, punggung maupun pinggang. Posisi tidur yang baik menurut berbagai referensi adalah miring ke kanan dengan posisi lutut sedikit menekuk ke dalam. Dan, Subhanallah, posisi semacam ini disebut sebagai posisi tidur Rasulullah.

    Selain posisi tidur, sikap duduk seseorang yang tidak nyaman dalam waktu cukup lama juga menyebabkan nyeri sakit pinggang sebelah kanan. Lantas bagaimana sikap duduk yang baik ?, yaitu sikap duduk baik tegak maupun bersandar yang lurus tidak melengkung ke kiri/kanan atau ke depan dengan kedua kaki bertumpu pada lantai atau tumpuan yang sejajar.

  • Penyebab Non-Mekanis
    Sakit punggung bawah (LBP) yang disebabkan oleh penyebab non-mekanis yaitu karena faktor-faktor yang tidak melibatkan faktor fisik. Akan tetapi lebih melibatkan berbagai organ tubuh lainnya seperti adanya sebuah gangguan pada ginjal, mulai adanya indikasi batu ginjal serta kandung empedu yang bermasalah.

    baca juga : Terapi air putih untuk kesehatan

    Selain itu, sama dengan sakit punggung pada umumnya yang sangat reaktif dengan kondisi psikis yang tertekan atau depresi. Sakit pinggang sebelah kanan ini juga berhubungan dengan kondisi emosi kecemasan yang secara spesifik sebagai bentuk sebuah perasaan takut atas sesuatu hal tertentu, bisa saja masalah pekerjaan, bisnis, rumah tangga atau yang lebih umum adalah kecemasan tentang hutang piutang.

Gejala sakit pinggang belakang

Gejala yang paling dapat dirasakan dari sakit pinggang sebelah kanan ini adalah rasa nyeri yang menyebabkan sulit bergerak sehingga aktivitas rutin mulai terganggu.

Juga, kekakuan pada otot-otot disekitarnya hingga bagian punggung atas. Dan, jika anda ataupun kerabat dan sanak saudara yang mengatami keluhan semacam ini, terdapat kecenderungan tingkat depresi dan emosi yang meningkat serta lebih sensitif terhadap berbagai masalah sepele sekalipun.

Pada keluhan sakit dengan penyebab mekanis dan ringan biasanya rasa nyeri akan segera hilang ketika mulai bersikap rileks, menambah konsumsi air putih, minum obat penghilang nyeri maupun kompres hangat pada bagian yang sakit dan melakukan peregangan ringan.

Namun, jika keluhan sakit pinggang sebelah kanan yang anda alami disertai dengan beberapa gejala seperti dibawah ini, maka segeralah berkonsultasi pada dokter spesialis terdekat.

Gejala tersebut antara lain :

  • 1. Rasa sakit pinggang yang disertai dengan demam atau badan menggigil
  • 2. Kaki mengalami mati rasa atau sulit untuk melangkah
  • 3. Perasaan depresi berat
  • 4. Rasa sakit saat kencing atau buang air kecil
  • 5. Adanya darah dalam air seni (urin)
Sekali lagi, jika rasa nyeri pinggang yang anda rasakan terdapat gejala yang disebutkan diatas, maka segeralah untuk memeriksakan diri pada tenaga medis profesional di kota anda.

Obat sakit pinggang tradisional

Berikut beberapa obat-obatan yang berasal dari alam (herbal) yang digunakan dan dipercaya oleh banyak orang untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung bawah dan sekitarnya. Antara lain :

1. Brojo Lintang
Tanaman yang tumbuh di dataran rendah ini banyak digunakan oleh para herbalis sebagai bahan utama untuk mengobati berbagai penyakit.

obat sakit pinggang sebelah kanan
obat sakit pinggang sebelah kanan belakang

Tanaman ini yang dimanfaatkan adalah bagian rimpang atau umbinya, sehingga masih harus menggali untuk memanfaatkannya.

2. Rimpang Jahe
Jenis rimpang ini sudah dikenal oleh masyarakat dan untuk mendapatkannya pun sudah sangat mudah baik masih dalam bentuk rimpang atau olahan.

3. Daun Beluntas
Tanaman ini sangat mudah ditemukan di pekarangan-pekarangan atau halaman rumah orang-orang desa. Karena selain dimanfaatkan untuk obat juga dapat dikonsumsi sebagai campuran lalapan atau sayuran untuk meningkatkan nafsu makan.