ads

Rabu, 11 Maret 2015

BEBERAPA BENDA DI SEKITAR RUMAH BISA BERBAHAYA BAGI KESEHATAN ANAK

 BEBERAPA BENDA DI SEKITAR RUMAH BISA BERBAHAYA BAGI KESEHATAN ANAK
 
Beberapa benda di sekitar rumah ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan anak. Apa saja sih benda di rumah yang berbahaya? Yuk, cari tahu Bu, agar kesehatan anak tidak terganggu.

Bagi anak, setiap obyek atau benda di sekitar rumah bisa menjadi sesuatu yang sangat menarik di mata mereka. Tanpa berpikir panjang, misal anak akan langsung memegang  kabel listrik atau ingin memakan remote tv  yang ada di depan matanya. Hati-hati ya Bu, karena bisa saja benda tersebut membahayakan kesehatan anak, misal fungsi penceranaan anak jadi terganggu.
Maka, jangan lelah untuk terus mendampingi dan mengawasi anak saat bermain di rumah sekalipun. Sebab, si kecil belum mengerti benda apa saja yang boleh dimakan dan mana yang tidak. Berikut beberapa benda berbahaya di sekitar rumah yang bisa mengganggu kesehatan anak:
Remote Televisi
Usahakan untuk menyimpan remote televisi di tempat yang sulit dijangkau anak. Karena kalau meletakkan remote televisi di meja, anak bisa dengan mudah meraih dan memasukkan remote tersebut ke dalam mulutnya. Hati-hati dengan kuman dan bakteri yang banyak menempel di remote televisi. Karena saat anak memasukkan remote tersebut ke dalam mulutnya maka secara tidak langsung kuman penyakit akan berpindah ke tubuh anak yang bisa mengganggu kesehatan anak.
Perhatikan juga baterai remote televisi, jangan sampai anak membuka remote televisi, memegang baterai dan kemudian memasukkan baterai ke dalam mulutnya. Hati-hati ya Bu, baterai remote televisi yang kecil bisa dengan mudah tertelan oleh anak dan bisa membuat si kecil tersedak atau kesulitan bernapas karena baterai tersebut bisa menyumbat di tenggorokan anak.
Sabun Di Kamar Mandi
Setiap anak suka bermain air, termasuk bermain di kamar mandi. Meski begitu, kamu harus tetap waspada karena benda di sekitar kamar mandi bisa berbahaya bagi kesehatan anak. Seperti sabun cair atau sampo yang mudah ditelan oleh anak dan berakibat bisa membahayakan kesehatannya. Tips aman, letakkan toiletries anak di tempat yang sulit dijangkau anak dan selalu temani anak saat berada di kamar mandi.
Pil Obat
Obat dengan warna warni yang mencolok dalam bentuk pil bisa membuat anak tertarik untuk meraih, memegang dan memakannya. Karena anak sangat suka melihat benda dengan warna-warna yang terang. Rasa ingin tahu yang besar membuat pil atau obat tersebut sangat menarik perhatiannya.
Tidak hanya pil tetapi juga obat multivitamin juga menjadi benda yang membahayakan bagi kesehatan anak. Menelan sembarangan pil atau multivitamin akan mengakibatkan keracunan atau overdosis pada anak. Karena itu sebaiknya di rumah ibu memiliki kotak khusus penyimpanan obat yang disimpan jauh dari jangkauan anak.
Rambut
Rambutmu rontok, Bu? Hati-hati jangan membiarkan rambut rontok mengotori lantai. Apalagi kalau Ibu memiliki bayi yang baru belajar merangkak. Rambut rontok yang berserakan di lantai bisa menarik perhatian anak dan kemudian rambut tersebut dimasukkan ke dalam mulutnya. Memakan rambut dalam jumlah banyak akan membentuk hairball dalam perut anak dan menyebabkan rasa sakit di lambung. Karena itu segeralah membersihkan lantai setelah menyisir rambut ya, Bu!
Kuku, Paku, Pin dan Jarum
Sebaiknya mulai sekarang simpan paku, pin dan jarum di tempat yang benar. Jangan biarkan anak melihat paku, pin atau jarum dan kemudian meraih dengan tangannya. Karena banyak kasus yang membahayakan kesehatan anak terjadi, anak menelan pin atau jarum yang tergeletak secara sembarangan di sekitar rumah.
Begitu juga ketika Ibu memotong kuku, sebaiknya segera kumpulkan potongan kuku dan buang ke tempat sampah. Karena bila anak menelan potongan kuku bisa membahayakan kesehatan khususnya pencernaan anak. Benda yang tajam bisa melukai kerongkongan, lambung dan usus anak. Jadi berhati-hatilah dengan benda di sekitar rumah kalau ibu masih memiliki anak balita ya. Karena benda tersebut bisa menggangu dan membahayakan kesehatan anak.

0 komentar

Posting Komentar